Selamat Datang Kawan - kawan Teknik Informatika B_2009 Universitas Siliwangi and temen temen semua :)

Selasa, 25 Oktober 2011

Management Proyek Perangkat Lunak (MPPL)

Manajemen à kegiatan mengatur, mengelola (planning, organizing, action, controlling à POAC)
Proyek à kegiatanaktivitas yang memiliki batasan waktu, biaya, resource, objective Lawan dari proyek adalah rutinitas (tidaka ada batasan waktu, biaya, resource, objective)
Perangkat lunak à program-program komputer dan dokumentasi yang berkaitan (kumpulan instruksi, kode, dokumen, data)
Latar Belakang Mempelajari MPPL
Karena adanya sesuatu yang negatif (software crisis). Ex: inefisiensi, keterlambatan delivery, product tidak spesifik, suatu proyek tidak memiliki kemajuan, resource SDM berlebih, kegagalan mencapai tujuan yang menyebabkan kegagalan proyek.

Tujuan
Mempelajari MPPL: sesuatu yang positif dari latar belakang dimana efisiensi dalam penggunaan sumber daya, on time, spesifik produk sesuai spesifikasi, improving, tujuan dapat tercapai, mengatur waktu pembuatan proyek, mengestimasi biaya, visibiltas teknis /non teknis & mengelola resource.

Fungsi Mempelajari MPPL
transparasi, performansi, integrasi antar software serta optimasi.
 

 Software Project vs Software Process

No

Perbedaan

Software Project

Software Process

1

Tujuan

Ketepatan waktu, efisiensi biaya, keuntungan kuantitatif

Memenuhi kebutuhan untuk mendapatkan feature software yang baik (good product) à correctness, portability, performance

2

Resource

SDM [Internal team (analyzer, designer), Eksternal team di dalam organisasi (manager, keuangan, direktur), Eksternal team di luar organisasi (customer)], human capital, tool, time, teknologi

SDM (analyzer, designer), human capital, tool, time, teknologi

3

Hasil

Anggaran, jadual/planning, proposal, laporan perkembangan proyek

source code, manual data, desain SRS

4

Activity

Planning, organizing (struktur organisasi), staffing (job desk), directing, monitoring, controlling (evaluasi), innovating (solusi baru), representing (komunikasi dengan client, costumer, user,dll)

Tergantung model proses yang digunakan: ex. Waterfall à Requirement analysis, design, coding, testing, deployment, maintenance

Latar belakang (alasan negative/ kelemahan dari kejadian yang tidak diharapkan) à mengapa ada software project:

over time

over budget à akibat lemahnya estimasi

low quality

versi seragam/tim pecah

lemahnya teknik à rule tidak jelas


Tujuan (dampak positif yang diharapkan) à formatnya harus memenuhi criteria SMART:
Specific à jelas, to the point
Measurable à terukur
Achieveble à kemampuan/ketercapaian
Relevant à sesuai dengan konteks
Time Constrain à batasan/lama waktu

Ex. proyek membuat word processor (pengolah kata)
Tujuan à alat verifikasi/validasi

Software Metric
Pengukuran pada software meliputi:
Project size à banyaknya kebutuhan yang harus diakomodasi à ex. software size dari Ms.Word lebih besar dari pada Notepad (dilihat dari fitur/fungsi yang ada)
Project duration à waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek
Project time size à ukuran/jumlah personel yang terlibat dalam proyek

Software Metric: Linux vs Windows
No
Software Metric
Definisi
Perbedaan
Linux
Windows
1
Project Size
Banyaknya kebutuhan yang harus diakomodir (dipenuhi) à banyaknya fungsi yang ada
Lebih kecil à fitur lebih sedikit

Lebih besar à fitur lebih lengkap
2
Project Duration
Waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek.
Lebih panjang à sifat open source sehingga waktu melaksanakan project tidak terbatas
Lebih pendek à durasi waktu terbatas untuk setiap versioning
3
Project Team Size
Banyaknya orang (personel) yang terlibat dalam proyek
Karena linux bersifat open souce maka project team sizenya tidak dibatasi
Lebih sedikit à jumlah personel dibatasi sesuai kebutuhan

0 komentar:

Posting Komentar